Membuat Komik Manual

Posted by

Pada postingan ini saya akan menerangkan tentang cara dan alat-alat yang di butuhkjkan untuk membuat komik secara manual.

Alat dan bahan:

1. kertas A4:
untuk membuat komik secara manual biasa nya membutuhkan kertas khusus,namun di indonesia kebanyakan menggunakan kertas hvs A4 yang di beri garis tepi dengan ukuran sebagai berikut
14 cmx21cm yang maksudnya lebar 14 cm dan panjang nya 21 cm.



2. pensil:
bisa menggunakan pensil 2b atau pensil hb,jika anda suka yang lebih mudah di hapus bisa menggunakan pensil hb.


3. penghapus:
untuk penghapus,suka-suka anda saja memilih nya :D


4. penggaris:
usahakan yang ukuran 30 cm dan bentuk nya macam-macam


5. drawing pen:
berbagai ukuran boleh,harganya sekitar 10-20 ribu tergantung merk nya


6. tinta cina:
untuk mewarnai komik anda,harga nya murah hanya sekitar 2000 rupiah saja.

7. manga/komik:
sebagai referensi saja,seperti mencontoh angel atau posisi karakter yang hendak digambar.



Cara membuat komik:

1. pikirkan tema dari komik yang hendak anda buat,jalan cerita dan judul nya.

2. buatlah karakter anda sendiri menggunakan pensil terlebih dahulu,usahakan jangan terlalu mirip dengan karakter manga yang sudah ada.

3. jika gambar sudah jadi,bisa di tebalkan dengan drawing pen lalu diberi warna dengan tinta cina.

berikut adalah contoh karya komik saya yang sudah jadi,sebagian pernah saya ikutkan lomba atau saya upload di situs komik online indonesia:











jika komik anda sudah jadi dan anda ingin mencoba menerbitkan nya,anda bisa mencoba mengirimnya ke Re:On comic.
sebuah perusahaan komik yang khusus menampilkan komik-komik karya dalam negeri.
saya juga sudah mencoba mengirim salah satu karya komik saya ke re:on tersebut.



bagi anda yang bertempat tinggal di wilayah jember dan sekitarnya,saya menerima jasa untuk menggambar,melukis atau apapun yang berhubungan dengan menggambar.
bagi anda yang berminat bisa menghubungi saya via email: saintfire6@gmail.com


semoga bermanfaat :D


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:06:00 am

13 komentar:

  1. membantu sekali gan thanks'
    http://opcplus-capsule.xyz/

    ReplyDelete
  2. Thanks cukup membantu banyak sih yang mau ditanya, tapi coba search dulu.

    ReplyDelete
  3. Klo novel tp ada gambar komic'a sdikit bisa gak gan krim ke link tsb?

    ReplyDelete
  4. Klo novel tp ada gambar komic'a sdikit bisa gak gan krim ke link tsb?

    ReplyDelete
  5. Klo novel tp ada gambar komic'a sdikit bisa gak gan krim ke link tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk novel,coba ke link ini
      http://nulisbuku.com/

      disana kalau tidak salah,bisa untuk novel tapi ada gambar kayak yg agan bilang
      coba cari kategori graphics novel,kalau tidak salah itu yg saya maksud novel tapi ada gambarnya

      Delete
  6. keren banget makasih infonya yah gan membantu sekali

    mobil bekas jogja

    ReplyDelete
  7. Anonymous01:13:00

    Kalo kita ngirim ke penerbit nanti di bukunya gambar kita sendiri? Apa dari redaksinya? Mohon siapa aja jawab

    ReplyDelete
  8. Aku mau tanya ini klo aku kiriminkan komik dengan cara manual bisakah dire on comik untuk diluar jawa kayak aku ini dikalimantan

    ReplyDelete
  9. Aku mau tanya ini aku kan mau ngirimkan komikku ke re on comic dan aku pake cara manual nahh klo misalkan diluar jawa kayak mana yaa?

    ReplyDelete
  10. Wahh..gitu ternyata..sebenarnya aku bisa tapi kurang ilmu.. akhirnya kakak memberikan ilmu yang bermanfaat..makasih kakk..:D

    ReplyDelete
  11. Tinta china cara pakenya di gimanain bang?

    ReplyDelete

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Labels

Label Cloud

My Blog List

Followers

Weekly most viewed